5 Curug Hidden di Purwokerto

February 29, 2024
134
Views

Bagi warga Purwokerto dan sekitarnya yang lelah bekerja setiap hari pasti ingin berakhir pekan yang menyenangkan, kan? Di Purwokerto, atau tepatnya Kabupaten Banyumas, kalian wajib mengunjungi wisata airnya yang indah dan alami.

Berada di kaki Gunung Slamet, menjadikan Banyumas memiliki banyak tempat wisata air alami berupa air terjun atau warga sekitar sering menyebutnya dengan curug. Ada banyak curug di Banyumas dan masing-masing curug menawarkan keindahan yang berbeda.

Nah, jika kalian memiliki jiwa explore yang tinggi untuk mengunjungi berbagai lokasi curug tersembunyi di Banyumas, saatnya untuk berkemas. Siap-siap, rasakan keindahan wisata alam air Banyumas yang membuat kalian tidak berhenti berdecak kagum.

Berikut deretan curug tersembunyi yang dapat kita rangkum dari berbagai sumber.

1. Curug Gemawang

Wisata Curug gemawang di Banyumas Jateng adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa kemawi, kecamatan somagede, kabupaten banyumas, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Menurut cerita warga setempat, nama Curug Gemawang berasal dari kata “gema” yang berarti bergema dan “wang” yang memiliki arti awang-awang atau angkasa. Jadi, nama Curug Gemawang berarti air terjun yang yang jatuh dari ketinggian, dengan suara yang menggema sampai terdengar jauh ke angkasa. Bahkan, suara yang menggema itu dapat didengar oleh masyarakat di desa lain.

Curug gemawang terdiri 7 tingkatan.setiap tingkat memiliki genangan air atau dalam Bahasa Jawa disebut Kedung. kedung yaitu Kedung Tumbak, Kedung Tumbu, kedung Dhandhang, kedung wuluh, kedung wungu, kedung Nyai Gendur dan kedung jojogan. jika ditotal Air terjun Curug Gemawang memiliki ketinggian + 50-60 m terdiri dari tujuh tingkat.

 (Pic by: Tri Ariyanto)

Maps: https://maps.app.goo.gl/3L6oazw2Q2Zh7j4a9

2. Curug Kembar

Curug Kembar berada di RT.05/RW.03, Dusun II, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Nama lain Curug Kembar adalah Curug Telaga Hijau dengan kolam penampung dibawahnya berwarna hijau dan terdapat tebing yang menyerupai goa. Curug ini merupakn rangkaian dari sungai Gumawang.

Dengan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah sudah dapat menikmati keindahan Curug Kembar, dengan ketinggian 15 meter kedalamanya pun bervariasi selutut, perut, dada, dan 3 meter, untuk menuju ke lokasi ini perlu jalan kaki sekitar sejauh 300 Meter.

Pada saat musim hujan curug ini akan mengalirkan air yang terbagi menjadi dua yang disebut oleh warga sekitar sebagai Curug Kembar.

(Pic by: Wily Taqwa Jepret)

Maps: https://maps.app.goo.gl/TW6FEgED42XFhjD88

3.Green Stone Waterfall

Taman Wisata Bambu atau yang dikenal dengan Green Stone Waterfall merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di kawasan Baturraden. Obyek wisata satu ini menawarkan konsep unik, yaitu tema papringan atau ladang bambu yang sejuk dan asri. Taman bambu ini memiliki spot andalan berupa air terjun yang bernama Green Stone Waterfall.

Green Stone merupakan air terjun di kawasan Taman Wisata Bambu yang baru dibuka pada tahun 2019. Memiliki kedalaman sekitar 1,5 hingga 2 meter, air terjun ini masih sangat alami. Bambu-bambu dan tumbuhan lainnya turut menghiasi area air terjun. Keindahannya sangat terjaga dan menyegarkan mata.

Dinamakan Green Stone karena air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan kesan warna hijau pada dasar airnya terlihat dengan jelas. Bagi pengunjung yang ingin berenang, Green Stone merupakan pilihan yang tepat. Memiliki air yang sangat segar dan jernih, kamu akan mendapatkan pengalaman berenang yang mengesankan di alam terbuka.

Lokasi Green Stone Waterfall berada di Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

(Pic by: Mohamad Wibiksana)

Maps: https://maps.app.goo.gl/bjheMtPnzFXZhJTw9

4.Curug Carang

Curug Carang adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kemutung Kidul, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Jalan menuju curug ini cukup ekstrem. Tapi sudah banyak orang yang rela menyusuri jalan ekstrem ini untuk menikmati panorama keindahan Curug Carang ini. Sebuah air terjun setinggi hampir 40 meter mengalir deras dari sisi kanan Sungai.

Curug Carang ini membuat rangkaian dua mata air, yang pertama sekitar 30 meter dan yang kedua sekitar 10 meter. Di sekitar curug juga terdapat tetumbuhan hijau yang sangat memanjakan mata. Menuruni tebing curam dengan berpegang tali harus rela kalian tempuh untuk melihat keindahan curug ini. Lokasinya sangat terasing dan begitu asri. Di sini kalian bisa menikmati suasana air terjun yang begitu nyaman dan terlihat begitu indah.

(Pic by: Aji Suwitnyo)

Maps: https://maps.app.goo.gl/8KnB8KBAbVEn5u1H6

5. Curug Gagak

Curug Gagak berada di Kotayasa Kecamatan Sumbang.

Dengan medan yang ekstrim menuruni tebing dengan seutas tali, dilanjut pijakan tebing berupa tanah liat yang masih basah dan licin. sampai di bawah tebing barulah sadar didekat tali yang diikat ke pohon ternyata ada sebuah tangga dari bambu cukup panjang yang fungsinya juga untuk menuruni atau menaiki tebing.

Walaupun dengan medan yang ekstrim Curug Gagak memiliki keindahan yang luar biasa dan jarang dikunjungi sehingga untuk foto-foto lebih nyaman dan lebih bagus karena view yang kita lihat berfokus pada air terjunnya.

(Pic by: Aji Suwitnyo)

Maps: https://maps.app.goo.gl/rscq5LV9YenPUKt87

Beri rating:
Kategori:
WISATA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.