5 Makanan Khas Banyumas

April 20, 2021
243
Views

Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beberapa makanan khas dengan rasa yang cukup lezat dan disukai oleh para wisatawan domestik. Jika kamu adalah salah satu penikmat wisata kuliner, dan saat ini sedang mencari beberapa referensi makanan di Indonesia yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya, bisa nih icip-icip beberapa makanan khas Banyumas



1. Mendoan

Mendoan? siapa si yang gatau mendoan yang merupakan makanan khas Banyumas. Makanan ini adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia dan tidak hanya populer di Banyumas.

Makanan ini sendiri sebenarnya bukanlah makanan mewah yang sulit untuk ditemukan atau dibuat sendiri. Bahan pembuat makanan ini sendiri hanya tempe dan juga adonan tepung beras dan juga tepung terigu lalu kamu hanya perlu menambahkan beberapa bumbu untuk membuat mendoan ini menjadi berasa dan lebih nikmat.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas juga akan membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas dari Purwokerto atau Banyumas. Menikmati cita rasa dari mendoan, kita bisa menambahkan sambel kecap dan juga cabai pasti rasanya makin endeuzzzz

2. Gethuk Goreng

Selain Mendoan, ada salah satu makanan khas Banyumas yang cukup terkenal dan hanya bisa ditemukan di daerah Banyumas, yaitu gethuk goreng yang sudah menjadi salah satu primadona di Banyumas. Kamu bisa menemukan makanan ini sebagai salah satu makanan khas dari Banyumas lebih tepatnya ada di sentra Gethuk Goreng di Sokaraja.



3. Nopia

Makanan selanjutnya yang bisa kamu temukan dari Banyumas adalah makanan yang dikenal dengan nama yang cukup unik yaitu Nopia.

Bentuk dari makanan ini sendiri adalah lonjong dan berbentuk seperti telur ayam. Dari luar, nopia berwarna putih, namun di dalamnya makanan ini memiliki isian gular merah. Beberapa nopia juga diisi dengan coklat, durian dan juga pandan. versi mini dari nopia yaitu mini nopia atau biasa disingkat dengan Mino

4. Soto Sokaraja

Beberapa makanan khas Banyumas tersebut adalah beberapa makanan khas yang bisa Anda dapatkan sebagai oleh-oleh khas dari daerah Banyumas, namun sebenarnya masih banyak pilihan makanan atau kuliner khas Banyumas yang juga bisa Anda temukan seperti Soto Sokaraja ini.

Soto ini sendiri memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada soto pada umumnya. Selain kuah kuning yang masih sama dengan soto lainnya, soto ini sendiri juga disajikan dengan menggunakan ketupat dan juga sambal kacang yang membuatnya berbeda.

5. Jenang Jaket

Kamu mungkin belum pernah mendengar makanan yang bernama jenang jaket, cukup aneh terdengar di telinga. Namun makanan ini menjadi salah satu makanan khas daerah Banyumas di mana makanan ini menawarkan citarasa manis yang terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan.

Selain itu, jenang ini sendiri memiliki kekhasan sendiri di mana untuk membuatnya berbeda dari jenang-jenang lainnya, jenang jaket ini sendiri dibungkus menggunakan bungkus kertas kecil-kecil yang bisa dimakan dalam sekali suap.

Dikutip dari beberapa sumber

Beri rating:
Kategori:
KULINER


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.