Perbedaan Lokawisata Baturraden dan Wanawisata Baturraden

February 19, 2024
80
Views

Perbedaan Wanawisata dan Lokawisata

Wana wisata adalah obyek-obyek wisata alam yang dibangun dan dikembangkan oleh Perum Perhutani di dalam kawasan hutan produksi atau hutan lindung secara terbatas dengan tidak mengubah fungsi pokoknya. Ruang lingkup pengusahaan pariwisata alam Perum Perhutani mencakup wana wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani serta seluruh kegiatan didalamnya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan, penelitian, wisata alam dan olahraga.

Bentuk aktivitas rekreasi pada wana wisata berdasarkan waktunya dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Wisata bermalam, merupakan kegiatan bermalam di lingkungan hutan, dalam upaya mendekati dan lebih menghayati keadaan alam sekitar;
  2. Wisata harian merupakan kegiatan rekreasi siang hari di kawasan hutan untuk mencari kesegaran dan mendekatkan diri pada alam.

Wana Wisata juga dilengkapi sarana penginapan berupa pondok wisata atau pesanggrahan dan bumi perkemahan. Salah satu ciri khas pada wana wisata ialah sifatnya yang alami, udara bersih, sejuk, dan obyeknya lebih luas. Wana wisata secara khusus menyediakan tempat bagi sarana pengembangan ilmu pengetahuan flora, fauna, ekologis hutan serta pembinaan rasa cinta alam bagi generasi muda.

Berbeda dengan Lokawisata yaitu sebuah tempat rekreasi atau tempat berwisata. Lokawisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tari dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan. Objek wisata dapat berupa objek wisata alam seperti gunung, danau, sungai, Pantai, laut atau berupa objek wisata bangunan seperti museum, benteng, situs, peninggalan sejarah dan lain sebagainya.

Wana Wisata Baturraden

Wana Wisata Baturraden terletak di Jl. Bumi Perkemahan  Wana Wisata, Dusun I Karangmangu Kemutug Lor Kecamatan Baturraden.

Harga tiket masuk ke Wana Wisata Baturraden sebesar Rp 25.000. Berikut merupakan wisata yang ada di Wana Wisata Baturraden

  1. Pancuran Pitu (Termasuk Harga Tiket)
  2. Kebun Raya Baturraden (Termasuk Harga Tiket)
  3. Tamana Labirin (Termasuk Harga Tiket)
  4. Bumi Perkemahan (Termasuk Harga Tiket)
  5. Curug Tirta Sela (Tiket Masuk Rp 15.000)
  6. Taman Botani (Tiket Masuk Rp. 15.000)
  7. Safari See To Sky (Tiket Masuk Rp. 20.000)

 

Kawasan Wana Wisata Baturraden juga menyediakan penginapan berupa Villa Ebony dan Villa Accacia yang dapat dipesan melalui Traveloka serta Bobocabin.

Maps Lokasi: https://maps.app.goo.gl/U4dTyDhPqiPMbNVq9

Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang beralamat di Jalan Raya Baturaden No. 174, Dusun I, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturaden.

Lokawisata Baturraden, yang terletak di kaki Gunung Slamet, menawarkan pemandangan alam yang menenangkan dan mendamaikan jiwa. Pengunjung tak hanya dapat menikmati kesejukan dan keindahan alamnya, tetapi juga dapat menghibur diri dengan beragam aktivitas yang tersedia di Lokawisata Baturraden.

Harga Tiket masuk Lokawisata Baturraden

  1. Anak 0-3 Tahun hari biasa Rp.10.000 dan akhir pekan Rp. 12.500
  2. Dewasa 3-60 Tahun hari biasa Rp. 20.000 dan akhir pekan Rp. 25.000
  3. Lansia >60 Tahun hari biasa Rp 10.000 dan akhir pekan Rp. 12.500

Harga tiket tersebut belum termasuk tiket wahana, berikut merupakan wahana yang ada di Lokawisata Baturraden:

  1. Kolam Renang
  2. Sepeda Air
  3. Pemandian Air Hangat
  4. Waterboom
  5. Taman Sendang Mulya
  6. Sepeda Gantung
  7. Kereta Putar
  8. Otoped
  9. Theater Alam.
  10. 4 Dimensi
  11. Flying Fox

Maps Lokasi: https://maps.app.goo.gl/Pdrs3Uxg2PK1V5Zr6

Beri rating:
Kategori:
WISATA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.