Rangkaian Prosesi Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 453

February 26, 2024
145
Views

Kirab Pusaka merupakan kegiatan yang dilakukan setiap satu tahun sekali sebagai momen pelestarian budaya, penyampaian pengetahuan pada masyakarat seputar Banyumas dan sarana hiburan.

Kirab Pusaka di Kabupaten Banyumas diadakan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas.

Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 453, Kirab Pusaka dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024.

Sebanyak 4 pusaka berupa tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endro, Keris Kyai Nalapraja, dan Keris Kyai Sempana Bener dipertontonkan kepada masyarakat dalam prosesi tersebut.

Rute kirab dilakukan mulai dari halaman Rumah Dinasi Wakil Bupati Banyumas hingga Rumah Dinas Bupati Banyumas atau kawasan Pendopo Si Panji dengan menyusuri Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto sekitar 1,5 kilometer.

Prosesi Kirab

Prosesi kirab diawali oleh upacara pemberangkatan yang dipimpin oleh Bupati yang sedang menjabat. Pada peringatan Hari Jadi Banyumas ke 453, upacara pemberangkatan dipimpin oleh PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro di halaman Rumah Dinas Wakil Bupati Banyumas.

Prosesi upacara pemberangkatan tersebut ditandai dengan penyerahan Tombak Kyai Genjring yang diserahkan PJ Hanung kepada Subamanggala untuk dikirab bersama 3 pusaka lainnya.

Iring-iringan kirab tersebut terdiri atas pasukan pembawa Panji Lambang Daerah Banyumas yang disusul Subamanggala yang berperan sebagai pembuka jalan untuk memimpin kirab.

Di belakang Subamanggala terdapat pasukan pembawa 4 pusaka yang  melambangkan kekuatan, keagungan, perjuangan, berpegang teguh pada keimanan, dan ketakwaan kepada Tuhan yang telah mengiringi perjalanan sejarah Kabupaten Banyumas.

Iringan kirab dilengkapi dengan kehadiran sosok bupati pertama Banyumas, Raden Djoko Kaiman beserta istri yang diperankan oleh Kakang-Mbekayu Banyumas. Disusul barisan pembawa foto Bupati II hingga Bupati XXXI Banyumas.

Bupati yang sedang menjabat juga turut berjalanan kaki dalam iring-ringan kirab pusaka, atau pada tahun 2024 diikuti oleh PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro dan istri.

Dibelakangnya disusul peserta kirab lainnya yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, instansi-instansi di Banyumas m yang pada peringatan ke 453 ini diikuti oleh 78 regu.

Setelah tiba di Pendopo Sipanji Purwokerto, Pj Bupati memimpin upacara Palereman untuk menerima 4 pusaka yang baru dikirab dan selanjutnya diistirahatkan kembali dalam ruangan khusus yang berada di Rumah Dinas Bupati Banyumas.

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.