Curug Song, Kalisalak Kebasen

May 3, 2021
274
Views

Curug song merupakan salah satu curug yang ada di daerah perbukitan di sekitar sungai serayu yang tapatnya berada di desa Kalisalak, Kebasen, Banyumas. Letak curug ini berdekatan dengan area penjamasan jimat Kalisalak yang merupakan daerah wisata budaya yang yang ada di kabupaten Banyumas. 

Dengan ketinggian + 30 meter, curug song memiliki suasana yang masih sangat asri dan masih sangat alami, dengan berdinding hutan damar dan pohonan jati. Untuk mencapaicurug song para pengunjung harus berusaha keras melalui medan jalan setapak yang tentu tidak bisa dilalui kendaraan apapun dan merupkan akses utama untuk mencapai curug ini.

Sebelum mencapai area curug song pengunjung akan menemui sebuah air terjun kecil yang memiliki ketinggian + 2 meter dengan kubangan air berbentuk lingkaran yang disebut penduduk sekitar dengan nama Celeng. Menurut penduduk sekitar, celeng merupakan kubangan air yang di bawahnya merupakan gua arus air yang ujungnya bermuara di area sungai Serayu, sehingga celeng ini menjadikan tidak seorangpun berani bermain – main air ataupun hanya sekedar berendam dan mandi hal tersebut guna menghindari terbawa arus bawah dari celeng ini (karena kedalamnya belum pernah diukur secara pasti).

Hal lain yang menarik dari air terjun ini adalah adanya sarang burung walet pada bagian sebelah atas air terjun yang terbentuk akibat terjadi longsor pada bagian diding tebing di sekitar air terjun ini. Keberadaan sarang burung walet tersebut menjadikan pengujung yang barada sekitar air terjun di kelilingi oleh burung walet yang berterbangan keluar masuk dari sarang.

Jika Anda penasaran dan berminat berkunjung ke curug ini silahkan hubungi kami atau anda dapat menanyakan kepada warga sekitar desa kalisalah untuk menunjukkan keberadaan curug ini.

Beri rating:
Kategori:
WISATA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.