Kesejukan Air Curug Gomblang Kedung Banteng Purwokerto Banyumas

May 1, 2021
309
Views

Berwisata ke Purwokerto kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan alamnya. Salah satu obyek wisata alam yang wajib anda kunjungi adalah Curug Gomblang, wisata air terjun ini berada di Dusun Windusari, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.  Air terjun ini mulai dilirik wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah.



Curug Gomblang adalah salah satu air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Slamet, walaupun tidak terlalu tinggi namun debit air di Curug Gomblang cukup deras dengan aliran air yang jernih. Lokasi yang jauh di dalam hutan lindung pemerintah, membuat Curug Gomblang masih alami dan nyaman untuk dinikmati. Tinggi air terjun sekitar 30 meter dengan tebing batuan andesit dan panorama alam yang eksotis di sekitarnya, menjadi daya tarik tersendiri dari Curug Gomblang.

Panorama alam hutan hujan tropis yang masih asri dan sejuknya air terjun Curug Gomblang, membuat banyak pengunjung betah dan ketagihan untuk kembali berkunjung. Air terjunnya terdiri dari satu arus, tapi kemudian terpisah menjadi dua, satu besar satu agak kecil. Kedua air terjun tersebut berdampingan dan airnya jernih sekali. Latar di sekitar air terjun berupa semak, pohon perdu, Anda juga akan menemukan rotan dan pastinya lumut. Kolam air di bawah air terjun ini tidak terlalu besar, lebarnya sekitar 20 meter.

Batu kali di sekitar kolam air terjun sangat bersih, dan memiliki warna yang khas, eksotis. Derasnya air terjun yang sampai di bawah juga menimbulkan riak ombak ke tepian yang sangat unik, selain itu uap air dari air terjun tersebut kadangkala terbawa angin menghembus ke berbagai arah membuat suasana dinginnya menjadi lengkap. Di Curug Gomblang ini selain menikmati air terjun dan alam, Anda juga dapat berfoto ria di selfie deck dengan background Curug Gomblang yang terlihat sangat mempesona yang baru-baru ini di sediakan.



Biaya masuk atau tiket masuk ke Wisata Curug Gomblang terbilang murah, hanya dengan Rp. 5.000,- sudah bisa memasuki wilayah wisata Curug Gomblang. Setelah puas bermain air dan berfoto, anda bisa mencicipi nikmatnya mendoan dan bermacam minuman hangat yang dijajakan di gubuk-gubuk penjual makanan di sekitar curug. Bagi anda yang ingin camping menikmati nuansa malam pegunungan, anda bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan yang sudah disediakan pengelola.

Lokasi Curug Gomblang berada sekitar 20 km dari kota Purwokerto, bagi Anda yang hendak berkunjung bisa melalui jalur Karanglewas – Kedungbanteng, lalu menuju Dusun Windusari, Desa Kalisalak dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama alam khas pedesaan lereng Gunung Slamet, semilir angin sejuk dan gemericik air menjadi nuansa alam yang akan anda rasakan. Dari tempat parkir Anda diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam dengan jalur jalan setapak.

Beri rating:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.