Fisip Unsoed Digoyang Kabar Kekerasan Seksual

December 10, 2021
145
Views

INFO.PURWOKERTO – Kabar tentang kasus pelecehan seksual di lingkungan kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) kembali mencuat. Terkini, kabar tersebut muncul setelah Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unsoed mengeluarkan surat resmi terhadap salah seorang pengurusnya, RCT.

Dalam surat tersebut, KOMAHI Unsoed dengan tegas memberikan surat peringatan ketiga (SP-3) sekaligus surat pemutusan hubungan keanggotaan KOMAHI periode 2021/2022. Hal ini dilakukan karena yang bersangkutan dinilai melakukan pelanggaran berat. Ia pun diberhentikan secara tidak terhormat.

Surat tersebut kemudian diunggah ke kanal Instagram dan disertai dengan sejumlah penjelasan terkait pelanggaran berat yang dimaksud. Intinya, pelanggaran berat ini terkait pelecehan seksual yang dilakukan RCT.

KOMAHI Unsoed juga menyertakan kronologi terkait kasus pelecehan seksual tersebut. Berikut kronologinya:

  1. Sabtu, 27 November 2021

Ketua KOMAHI Unsoed mendaptakan informasi terkait tindakan kekerasan seksual yang dilakukan RCT. Berdasar informasi ini, KOMAHI memanggil RCT untuk dimintai keterangan. Yang bersangkutan pun dikatakan mengakui tindak kekerasan seksual yang dilakukannya.

  1. Minggu, 28 November 2021

KOMAHI Unsoed menggelar rapat internal badan pengurus harian mengenai perumusan surat peringatan.

  1. Senin, 29 November 2021

KOMAHI Unsoed bertemu dengan pembina dan pihak kampus untuk berkonsultasi. Mereka juga bertemu dengan pendamping korban untuk mendengar penjelasan dari korban untuk mengonfirmasi kebenaran info tersebut.

  1. Selasa, 30 November 2021

Draf SP-3 diserahkan kepada Pembina KOMAHI untuk ditandatangani dan diserahkan kepada RCT seabgai bukti resmi pemutusan hubungan secara tidak hormat.

  1. Rabu, 1 Desember 2021

KOMAHI Unsoed mengadakan rapat badan pengurus harian dan kepala departemen untuk merumuskan surat pernyataan dan press release.

  1. Kamis, 2 Desember 2021

Komahi Unsoed mengadakan pertemuan dengan RCT untuk menandatangani surat pernyataan, namun yang bersangkutan menolak.

  1. Minggu, 5 Desember 2021

KOMAHI Unsoed kembali bertemu dengan RCT, pada pertemuan ini surat pernyataan dari KOMAHI resmi ditandatangani.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.