Hidup di Purwokerto Itu Murah, Asal Kalian Gak Salah Pilih

September 19, 2021
58
Views

INFOPURWOKERTO – Purwokerto dan mahasiswa baru adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Karena di wilayah Jateng Barat-Selatan dan Jabar bagian timur, Purwokerto dikenal sebagai kota pelajar dengan sejumlah perguruan tinggi yang bisa dijadikan pilihan.

September tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Purwokerto kembali kedatangan ribuan atau bahkan puluhan ribu warga baru yang menyandang status mahasiswa.

Nah, belakangan, Purwokerto dapat predikat sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, nomor dua setelah Solo.

Tapi, adek-adek Maba tetap harus berhati-hati saat pilih-pilih tempat kost atau tongkrongan di Purwokerto. Karena, meski dikenal sebagai kota dengan biaya hidup murah, di Purwokerto tetap ada spot-spot lokal dengan harga Jakarta.

Untuk menyambut kedatangan Maba, @infopurwokerto sempat bikin list tentang tempat-tempat buat kalian yang ingin hidup hemat.

KOST

Pada umumnya, biaya kost ditentutkan oleh fasilitas, tipe, jarak, dan lokasi. Untuk ngekost di Purwokerto, kalian bisa loh menemukan tempat yang tarifnya hanya Rp 350 ribu per bulan.

Daftar kost-kostan murah ini bisa kalian dapat dengan mengakses https://mamikos.com/kost/kost-dekat-unsoed-purwokerto-murah atau akun Instagram seperti @infokospurwokertomurah, @infokost.purwokerto, dan akun sejenis lainnya.

MAKANAN

Kalau benar-benar mau berhemat, maka memasak makanan sendiri adalah solusi. Tapi, kalau males atau enggak bisa masak, kita punya nih beberapa opsi yang bisa kalian datangi.

Warung Mba Neni

https://goo.gl/maps/nSV8FvAjhjYtSFa67

Warung Mbak Yuni

https://goo.gl/maps/BioqQXiriVgbF5Jd9

Warung Koboy 3M

https://goo.gl/maps/QGcNCPj55p94PsUb7

Nah, kalau pengen masak, kalian bisa belanja di beberapa pasar di Purwokerto. Pasar Cerme atau Pasar Wage terkenal murah. Kalau mau belanja di pasar tradisional semi modern, kalian bisa datang ke Pasar Manis yang lokasinya enggak jauh dari Stasiun Purwokerto.

LAUNDRY

Laundry merupakan solusi terbaik bagi kalian yang tak sempat mencuci. Entah mengapa bagi beberapa orang, mencuci dan menyetrika adalah hal yang paling melelahkan. Akan tetapi pengeluaran laundry adalah hal yang harus diperhitungkan secara matang, sebab ia dapat dikatakan sebagai kebutuhan kedua setelah makanan yang tentu saja intensitasnya lebih banyak daripada kebutuhan lainnya. Rata-rata biaya laundry di Purwokerto per 1 kilogram sebesar Rp. 5.000. Usahakan pilih laundry yang dekat dengan kostmu yaa, agar tidak dikenakan biaya tambahan antar jemput dan pastikan selalu up date promo-promo diskon laundry.

PERABOTAN

Apapun bentuk tempat tinggal yang ditempati, selalu ada kebutuhan perabotan rumah tangga. Soal ini, kualitas dan harga jadi aspek perhatian utama. Kalian yang butuh perbotan bisa cek toko-toko ini, selain murah, kualitasnya juga oke.

Toko King Baru

https://goo.gl/maps/boz6iW6ySEgvxSAK9

Toko Morodadi

https://goo.gl/maps/8V52nqNzqFq3VJ8n7

Hero Housewares

https://goo.gl/maps/UjuYnEuckwMpt3Y58

NONGKRONG

Mahasiswa dan tongkrongan adalah dua hal yang enggak bisa dipisahkan. Selain buat melepas penat usai kuliah, nongkrong juga jadi ajang oke buat tebar pesona mahasiswi atau berburu dan merayu buat para perjaka muda berstatus mahasiswa. Nah, kalau mau cari tongkrongan murah, cek tempat-tempat ini:

Warak Koffie

https://goo.gl/maps/uEHCDpLjwcFNzEZD6

Loja de Cafe

https://goo.gl/maps/xtLUbkBcAR7PPa3k6

Tiara Kitchen and Eatery

https://goo.gl/maps/pYiW2ayyx5edEjrc6

Kopi Lepen

https://goo.gl/maps/Tqh2qEgryA9LaF1H8

REKREASI

Kalau udah jenuh nongkrong di café-café atau kopisop, adek-adek Maba bisa loh main ke tempat-tempat ramai di Purwokerto dan sekitarnya. Ada banyak banget pilihan, mulai dari taman-taman di kota sampai air terjun di pinggir belantara di Baturraden sana.

Taman Kota

Purwokerto memiliki beberapa taman kota dengan fasilitas yang lengkap dan suasana yang menyejukkan. Lokasi-lokasi ini bisa juga jadi tempat berolahraga.

https://g.page/Andhang-Pangrenan?share

https://goo.gl/maps/hvMbjox1qHaAF7yd6

https://g.page/tamanbalaikemambang?share

Pagubugan

https://g.page/pagubuganmelungbanyumas?share

Limpakuwus

https://goo.gl/maps/ir8YEpfHiKMjvitU6

Curug

Nah, soal yang satu ini, Banyumas Surganya. Kalian enggak bakal kehabisan opsi curug di Kabupaten Mendoan ini. Googling aja dengan keyword ‘Curug Banyumas’, guidenya banyak.

https://goo.gl/maps/XMCpi5i6bXtwDk2a9

https://goo.gl/maps/oM6VAUZrKBEFxZHw7

https://goo.gl/maps/aNViJiyHqsFk2Enn8

(MG Katika Nur Maulida)



Semua komentar

  • Setuju

     
    Intan October 5, 2021 1:16 pm Reply
  • owalah, emang bener sih, keluarga ku disana juga bilang di pwt itu lebih murah dari jogja

     
    Adam October 13, 2021 11:51 am Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.