Jelajahi Museum Wayang Banyumas “Museum Sendang Mas”

January 29, 2024
160
Views

Museum Wayang Banyumas merupakan museum khusus yang diresmikan pada 31 Desember 1983 atas gagasan Bapak Soepardjo Roestam dan para tokoh Banyumas.

Museum ini berada di kompleks pusat pemerintahan lama Kabupaten Banyumas, berada di bawah pengelolaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Museum ini bernama Sendhang Mas yang merupakan singkatan dari Seni Pedalangan Banyumas untuk menegaskan perbedaan Wayang Gagrag Banyumas dengan jenis wayang lainnya. Buka setiap hari pukul 09.00 – 15.00 WIB dengan harga tiket sebesar Rp 1.000.

 

Koleksi wayang yang ada di museum ini antara lain: Wayang Golek Purwa, Wayang Golek Menak, Wayang Suluh, Wayang Krucil, dan Wayang Potehi.

Tidak hanya menyuguhkan koleksi wayang, museum ini juga menyadijkan alat bantu pertunjukan wayang seperti blencong sebagai alat tata cahaya, gamelan sebagai alat musik wayang baru, dan calung sebagai alat musik gagrag Banyumas.

 

Museum ini menyimpan berbagai koleksi antara lain koleksi lukinan bangunan lama Pendopo Si Panji, lukisan foto Gedung Perpoestakaan Rakyat Banyumas, Gedung Penjara Belanda yang terletak di samping gedung museum.

Maps Lokasi: https://maps.app.goo.gl/CXSeqfqK3vRNrqJr9

Beri rating:
Kategori:
WISATA


Semua komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.