Pangripta Kranji, Taman Kota dengan Fasilitas Lengkap

July 14, 2021
331
Views

Taman Pangripta Kranji merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Brobahan Kelurahan Kranji Kecamatan Purwokerto Timur, tepatnya di belakang Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto.

Masyarakat Purwokerto dahulu mengenal lapangan ini dengan nama Lapangan Brobahan. Kemudian lapangan ini mengalami renovasi hingga saat ini dikenal dengan Taman Pangripta Kranji dengan penampakan yang lebih indah, asri, dan sehat.



Awalnya, pembangunan taman ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dalam perkembangannya, pengelolaan saat ini dilakukan oleh pihak Kecamatan setempat. Ikonnya adalah wahana air mancur yang akan menari mengikuti musik yang telah disetting, dan akan berhenti pula manakala musiknya berhenti.

Berbeda dengan taman lainnya, taman ini berada di tengah pemukiman penduduk. Sebuah konsep taman kota yang digabung dengan lapangan olahraga yang berada ditengahnya. Berbagai fasilitas yang bervariasi menjadikan taman ini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Berikut merupakan falisitas yang tersedia di taman ini :

  1. Jogging Track

Jogging track ini berada di pinggir dan memutari lapangan sepak bola. Tidak hanya luas, pepohonan rindang di sepanjang jogging track semakin membuat suasana lebih nyaman.

2. Fitness Outdoor

Fitness Outdoor merupakan seperangkat alat fitness yang berada di luar ruangan. Fungsinya sebagai alat berolahraga dan sebagai fasilitas umum agar masyarakat dapat berolahraga secara gratis.



3. Playground

Playground merupakan salah satu fasilitas yang ditujukan secara khusus kepada anak-anak. Keberadaan playground diharapkan dapat memberikan suatu ruang refreshing baru, serta edukasi untuk si kecil ketika bermain di ruang outdoor. 

4. Lapangan Sepak Bola

5. Kursi Taman

6. Toilet Umum

7. Parkir Area

Taman ini termasuk kategori taman tak berbayar alias gratis, sehingga jam bukanya lebih bebas dan pastinya dapat didatangi kapan saja. Pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya parkir. Pada situasi normal hampir setiap hari tempat ini digunakan oleh sekolah sekitar untuk melakukan kegiatan olahraga. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa pedagang yang melengkapi taman ini setiap sorenya. 

( Kartika Nur Maulida )

Beri rating:
Kategori:
ARTIKEL · Layanan Umum


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.