Kadivpas: Penguatan Tusi Pemasyarakatan di Rutan Banyumas Sidah Representatif

June 26, 2024
8
Views

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah , Kadiyono, lakukan kunjungan resmi di Rutan Kelas IIB Banyumas pada Selasa siang (25/06). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan penguatan terhadap tugas serta fungsi pemasyarakatan di Rutan Banyumas. Dalam kesempatan tersebut, Kadiyono menilai bahwa Rutan Banyumas sudah cukup representatif dalam melaksanakan fungsi pemasyarakatan.

“Rutan ini telah menunjukkan kinerja yang baik dalam upaya membangun zona integritas dan pelayanan kepada warga binaan,” ujar Kadiyono.

Namun demikian, ia juga mengingatkan bahwa tidak ada yang bisa menjamin keadaan lapas dan rutan selalu aman dan kondusif tanpa kerjasama dan kewaspadaan dari semua pihak. Kadivpas juga menekankan pentingnya pelayanan yang non-diskriminatif dan gratis bagi seluruh warga binaan.

“Pelayanan harus adil dan merata, tanpa membedakan latar belakang atau status ekonomi para warga binaan,” tambahnya.

Selain petugas Rutan Banyumas, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Lapas Purwokerto, Kepala Lapas Narkotika Purwokerto, Kepala Rupbasan Purwokerto, dan Kepala Rupbasan Purbalingga. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam memperkuat sistem pemasyarakatan di wilayah tersebut.

Kadiyono juga menyampaikan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tahun 2024 yang bertajuk “Akselerasi Percepatan Program Integrasi Pemasyarakatan”. Ia menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mempercepat integrasi dan rehabilitasi warga binaan ke masyarakat dengan mengusung jargon “SK Menunggu Orang”.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat tugas dan fungsi pemasyarakatan di Rutan Banyumas serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna layanan khususnya warga binaan pemasyarakatan.

“Saya berharap seluruh petugas tetap semangat dan berkomitmen dalam menjalankan tugasnya demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tutupnya

Sebelumnya Kepala Rutan Banyumas, Jumedi melaporkan kondisi Rutan Banyumas denga nisi Penguni 203 penghuni dalam keadaan aman dan kondusif. Layanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan Layanan Kunjungan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk pengelolaan makanan bagi warga binaan di Dapur Rutan Banyumas sudah Besertifikasi Halal juga Laik Hiegien.

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.