Lebaran di Rumah, Tetap Asyik!

May 23, 2020
104
Views

Tidak terasa bulan Ramadhan telah usai, namun pandemi belum juga berakhir. Namun, jangan sampai membuat kita mengabaikan himbauan untuk tetap di rumah dan menjaga kesehatan. 

Memang ada yang berbeda dalam merayakan kemenangan hari raya Idul Fitri tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya umat Islam akan bersuka cita menyambut Idul Fitri sejak sehari sebelumnya mulai dengan membersihkan rumah, menyiapkan aneka makanan untuk open house, takbir keliling hingga shalat ied di pagi hari.

Tradisi lainnya mengunjungi saudara dan yeman dekat untuk saling silaturahmi dan makan bersama. Dan berlibur mengisi waktu liburan.

Namun, tahun ini agaknya tradisi komunal macam itu tidak lagi terjadi. Setelah pandemi yang tidak kunjung usai. Setiap keluarga akan swakarantina di rumah masing-masing demi menjaga kesehatan sendiri dan orang-orang tersayang.

Kendati demikian, bukan berarti semangat perayaan Idul Fitri harus menudar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan di tengah wabah ini.Seperti mandi pagi dan memakai baju terbaik meskipun hanya di rumah saja.

Meskipun membeli baju baru sudah menjadi kebiasaan dalam merayakannya. Tapi baju terbaik bukan berarti baju yang baru saja dibeli. Coba kembali tengok baju di almari, pasti masih banyak baju-baju bagus yang hanya dipakai sesekali saja.

Rasanya memang tidak elok jika lebaran tahun ini dirayakan terlalu berlebih. Tidak perlu membeli baju baru sampai harus berdesakan di pusat perbelanjaan. Tetap mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan tetap social diatancing.

Sementara untuk shalat Ied bisa dilakukan berjamaah di rumah masing-masing seperti fatwa MUI karena adanya wabah ini. Sebelum shalat Ied, jangan lupa bertakbir untuk menyambut datangnya hari kemenangan sekaligus menggemakan semangat Hari Raya 😉

Yang tidak kalah penting dan perlu diperhatikan juga tradisi silaturahmi yang membuat momen lebaran sulit dihilangkan. Tahun ini memang sangat berbeda kita dibatasi untuk menjaga jarak dan tetap di rumah saja.

Namun, bukan berarti kita memutus silaturahmi dengan saudara dan kolega. Karena kita tetap bisa menjalin silaturahmi secara virtual. Di era yang sudah serba mudah seperti saat ini kita sudah cukup dimudahkan dengan banyaknya aplikasi pendukung silaturahmi virtual seperti WhatsApp, Zoom dan lainnya. 

Nah, kalau pingin berlibur, tenang, kita masih tetap bisa menyegarkan mata dan pikiran melalui gadget kok. Sementara menunda piknik jauh lebih penting daripada harus terpapar penyakit kan?

Hiburan lain, kita masih bisa membaca buku. Ada banyak pengetahuan dan wawasan yang bisa kita dapat. Selain itu membaca buku fiksi juga bisa membantu menyegarkan pikiran kita loh. Dijamin lebaran dan liburanmu nggak bakal bosan di rumah.

Eiitss, tapi jangan lupa sesekali ke luar rumah ya, sekadar menghirup udara segar dan mendapatkan hangatnya cahaya matahari. Tapi cukup di teras rumah saja ya, nggak usah jauh-jauh. 😉

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita tetap kuat dan sehat! 

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.