Membuat SKCK di Polresta Banyumas Kini Sangat Mudah, Simak Syaratnya

January 23, 2024
191
Views

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang biasa disingkat menjadi SKCK merupakan dokumen yang seringkali dibutuhkan dalam mendaftar pekerjaan.

Kini membuat SKCK sangatlah mudah, cepat dan praktis. Sebelum datang ke Polresta Banyumas, siapkan syarat-syarat berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Akta Kelahiran / Ijazah
  4. Pas foto background merah ukuran 4 x 6 sebanyak 4 buah

Syarat tersebut merupakan syarat terbaru yang dijumpai secara langsung per tanggal 22 Januari 2024. Sehingga untuk menjawab pertanyaan nitizen terkait surat pengantar dari Desa dan lain sebagainya, maka syarat-syarat tersebut kini sudah tidak diperlukan.

Berikut merupakan gambar lokasi permohonan SKCK di Polresta Banyumas:

  • Lokasi gedung SKCK berada di samping kanan area parkir motor, atau jika dilihat dari sisi depan yaitu berada di sebelah pos jaga.

  • Memasuki ruang tersebut, pemohon akan bertemu dengan petugas front desk atau resepsionis, kemudian diberikan pertanyaan terkait pelayanan yang dibutukan berupa pembuatan SKCK baru maupun perpanjang SKCK.

Pembuatan SKCK Baru

  • Pemohon SKCK akan diberikan nomor urut antrian dan diperintahkan untuk mengisi Daftar Pertanyaan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

  • Untuk mengisi Daftar Pertanyaan Surat Keterangan Catatan Kepolisian pemohon tidak perlu khawatir karena disediakan meja atau space khusus yang dilengkapi dengan kursi, pulpen dan contoh dokumen yang sudah terisi.

  • Setelah melakukan pengisian, kemudian pemohon akan dipanggil sesuai dengan nomor antrian oleh petugas, menuju loket SKCK yaitu loket C.

 

  • Di loket SKCK pemohon akan diminta untuk menyerahkan 4 syarat yang telah disebutkan di atas serta menyerahkan Daftar Pertanyaan Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah diisi.

Loket C

  • Pemohon akan dimintai biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 30.000 (Tiga Puluh Ribu Rupiah) yang dapat di bayarkan secara cash maupun menggunakan QRIS.

  • Setelah melakukan pembayaran, pemohon akan diberikan kwitansi dan SKCK langsung jadi di loket tersebut tanpa menunggu lama.

  • Bagi yang membawa kerabat dalam pembuatan SKCK, diperbolehkan untuk masuk ke dalam ruang tunggu. Ruang tunggu ini sangat nyaman dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti pojok baca, area charge dan air minum yang dapat diambil secara gratis, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.