Mengenal Smart Green ASEAN Cities (SGAC) yang Nobatkan Banyumas Jadi Tuan Rumah City Windows Series II

September 13, 2023
2599
Views

Smart Green ASEAN Cities (SGAC) merupakan program yang mendukung implementasi dan pencapaian kota-kota berwawasan lingkungan di Asia Tenggara yang telah menjadi prioritas ASEAN.

Program yang dilaksanakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan didanai oleh Uni Eropa ini bertujuan mendukung negara anggota ASEAN tingkat kota, regional dan nasional untuk menangani lingkungan perkotaan dan masalah tata kelola terkait perubahan iklim dengan fokus pada solusi cerdas yang dimungkinkan dengan digitalisasi dan penggunaan teknologi.

City Windows Series merupakan bagian dari SGAC sebagai upaya meningkatkan kapasitas kota-kota anggota ASEAN dalam pengembangkan kota ramah lingkungan dan cerdas melalui pertukaran pengalaman EU-ASEAN. Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein turut hadir dan memberikan pemaparan terkait pengelolaan sampah pada City Windows Series pertama yang diselenggarakan pertama kali pada Desember 2022 di Bangkok. Berdasarkan pemaparam yang menarik tersebut, menghantarkan Banyumas untuk menjadi tuan rumah City Windows Series kedua.

City Windows Series II dilaksanakan di Kabupaten Banyumas pada tanggal 12-14 September 2023. Bertempat di hotel Java Heritage Purwokerto, sebanyak 13 kota dari 8 negara turut hadir dalam forum ini dan akan dibawa langsung untuk melihat pengelolaan sampah di Banyumas.

Alasan terpilihnya Banyumas menjadi tuan rumah City Windows Series II menurut Program Manager SGAC UNCDF Chenchi G Dorjee karena Banyumas dinilai mampun menjadi leading pertama dalam mengelola sampah, diantaranya dapat mengubah sampah menjadi uang. Lebih lanjut dikatakan bahwa Banyumas menjadi kandidat terpilih dari beberapa kota yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia setelah melalui beberapa proses assessment dimana hal ini mengkategorikan Banyumas telah memiliki level ditingkat ASEAN.

Sebagai rangkaian acara tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Kenthongan Night Parade yang menampilkan 11 grup kenthongan terbaik di Banyumas yang secara khusus diperuntukan untuk menyambut All Delegations and Participants to the Smart Green ASEAN Cities (SGAC) Programme’s 2nd City Windows.

(Kartika Nur Maulida)

 

 

 

Kategori:
ARTIKEL · PILIHAN


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.