PDAM Minta Tambahan Modal Rp 97 M, Dewan: Kami Pikir-pikir Dulu

March 10, 2022
295
Views

INFO.PURWOKERTO – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Satria baru-baru ini mengajukan permohonan penambahan modal senilai Rp 97 M kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas. Mereka berharap, penambahan modal ini dapat dicairkan secara bertahap mulai tahun 2023-2025.

Kenginan perusahaan daerah ini tidak serta merta dikabulkan oleh Pemkab.  Hal ini disampaikan oleh Ketua Pansus Penyertaan Modal, Rachmat Imanda.

“Sedang dikaji lagi, karena di tahun-tahun mendatang banyak pengeluaran, harus disesuaikan dengan kesiapan keuangan daerah,” kata Imanda.

Kajian mendalam penting lantaran di tahun-tahun mendatang, Pemkab memiliki bermacam tanggung jawab yang akan membebani APBD Banyumas.

“Kita harus mulai nabung untuk Pilkada, Pileg, dan Pilpres serentak 2024,” ujar dia.

Ketua Komisi 3 DPRD Banyumas ini juga mengatakan, di tahun 2023 mendatang, Pemkab juga memiliki tanggungan lain, yakni pembayaran cicilan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“2023 itu kita harus mulai nyicil PEN, sekitar Rp 31 M, selanjutnya di tahun 2024 dan 2025 juga ada pembayaran,” kata dia.

Politisi dari Partai Gerindra ini merinci, penyertaan modal ini akan digunakan untuk dua hal, investasi dan program untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Yang investasi itu bentuknya perbaikan jaringan dan pembuatan instalasi pengolahan air, kalau yang MBR itu untuk subsidi, jadi yang normalnya pasang Rp 2 juta lebih, jadi hanya perlu bayar Rp 700 ribuan,” ujar Manda. (pan)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.