Pj Bupati Lepas Kontingen FORSGI Banyumas ke Festival FORSGI Jateng

May 24, 2024
12
Views

Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro melepas kontingen sepakbola usia dini Kelompok Umur (KU) 10 dan KU 12 Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI) Kabupaten Banyumas yang akan berlaga dalam Festival FORSGI Piala Gubernur Jawa Tengah di Semarang dalam waktu dekat ini. Pelepasan merupakan bagian dari agenda audiensi kontingen FORSGI Banyumas dengan Pj Bupati yang dilaksanakan di Ruang Joko Kaiman pada Rabu (22/5).

Rombongan FORSGI dipimpin Ketua FORSGI Banyumas, Jazair Mafaridik, didampingi beberapa pengurus FORSGI, pelatih dan official tim, pengurus SSB FORSGI Bina Insan Mulia (BIM), Kepala Sekolah dan guru SDN 1 Purwanegara sebagai sekolah mitra, serta orang tua/wali pemain. Sementara Pj Bupati didampingi Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Deskart Sotyo Djatmiko dan Kabid Olahraga Eko Purwanto.

Mengawali penyampaian maksud dan tujuan, Jazair Mafaridik mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati dan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang terus memberikan dukungan terhadap pembinaan olahraga khususnya sepakbola di Banyumas, termasuk dukungan terhadap pembinaan sepakbola usia dini yang dilakukan oleh FORSGI Banyumas. Jazair berharap kehadiran dan dukungan Pj Bupati menjadi semangat tersendiri bagi anak-anak untuk berjuang dan berprestasi lebih tinggi.

Jazair menjelaskan, selain pembinaan skill sepakbola melalui latihan rutin dibawah naungan SSB BIM, FORSGI juga konsen membina mental spiritual anak didik dengan pendidikan keagamaan melalui TPQ Bina Insan Mulia, bekerjasama dengan DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Banyumas. Dalam perekrutan peserta didik yang akan dibina melalui SSB BIM, FORSGI bekerjasama dengan beberapa sekolah dasar di Purwokerto, diantaranya SDN 1 Purwanegara.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kinerja dalam pembinaan prestasi olahraga, FORSGI Banyumas juga menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman melalui program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal-hal yang dikerjasamakan terkait penyediaan tenaga pengajar sepakbola, konsultasi ahli gizi, psikolog, dan ahli lain terkait kebutuhan pembinaan sepak bola.

Selanjutnya, Jazair menginformasikan, tim FORSGI Banyumas KU 10 dan KU 12 akan mewakili eks-Karesidenan Banyumas dalam Festival Sepakbola FORSGI Piala Gubernur ke-3 di Stadion Balasuga Semarang pada tanggal 25-26 Mei 2024 mendatang. Tim FORSGI Banyumas akan bersaing dengan 16 tim lainnya se-Jawa Tengah pada masing-masing kategori untuk memperebutkan posisi terbaik agar berhak maju mewakili Jawa Tengah di Festival FORSGI tingkat nasional.

PJ Bupati Hanung Cahyo Saputro menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian FORSGI dalam pembinaan sepakbola usia dini di Kabupaten Banyumas. Hanung berharap kiprah FORSGI menjadi pendorong untuk menggairahkan persepakbolaan di Banyumas. Menurutnya, performa sepakbola Banyumas akhir-akhir ini cenderung biasa-biasa saja dan belum mampu menunjukkan prestasi yang menonjol.

Untuk itu, Hanung berencana dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kompetisi sepakbola usia dini melalui open tournament dengan sistem home and away mulai tingkat kecamatan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pembinaan sepak bola sejak usia dini di Banyumas, karena Hanung meyakini, pemain sepakbola yang handal dan berkarakter tidak mungkin dibentuk dalam waktu yang instan, melainkan harus melalui proses pembinaan yang panjang dan dimulai dari usia dini.

Di akhir sambutannya Hanung menjanjikan, jika tim FORSGI Banyumas berhasil meraih juara di Festival FORSGI Jawa Tengah, sebagai bentuk apresiasi seluruh pemain akan diajak jalan-jalan dan bermain sepakbola bersama Pj Bupati di Stadion Jatidiri Semarang, stadion kebanggaan masyarakat Jawa Tengah

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.