Rektor dan BEM UMP Blusukan Pasar Manis Serap Aspirasi Pedagang

January 20, 2024
179
Views

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr Jebul Suroso bersama anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) blusukan ke pasar tradisional, Pasar Manis Purwokerto, Kamis (18/01/2024) pagi.

Tidak hanya melakukan ‘kampanye akademik’ yang secara langsung mengenalkan perguruan tinggi, kegiatan blusukan tersebut sekaligus sebagai upaya menyerap aspirasi pedagang.

Rektor berinteraksi dengan menyapa pedagang dan pengunjung pasar serta  membeli sejumlah jajan, soto betawi, gudeg, pecel, dan nasi rames.

Rektor bersama rombongan berkeliling di lorong-lorong lapak, sesekali bercerita dengan pedagang dan bertanya tentang update harga kebutuhan pokok serta daya beli masyarakat di masa Pemilu.

Ada hal positif di pasar ini, salah satu pedagang menyampaikan jualan disini ini nyaman, memang tempatnya bagus. Pedagang merasa bahan baku yang mereka jual dan bahan pangan mengalami kenaikan harga seperti tahu tempe tetapi mereka gak berani menaikkan harga.

Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan bahwa dibutuhkan suatu upaya untuk meramaikan pasar manis, lebih lanjut data hasil blusukan tersebut akan digunakan oleh perguruan tinggi untuk melakukan perencanaan dalam meningkatkan daya beli masyarakat, termasuk kemampuan pedagang mengkuliahkan putranya.

Kegiatan blusukan tersebut merupakan sebuah langkah edukasi untuk para mahasiswa dan civitas academica, bahwa posisi di masyarakat bukan hanya pada proses pembelajaran tetapi juga aspek pengabdian masyarakat.

Bentuk pengabdian yang dapat dilakukan diantaranya menerjunkan mahasiswa untuk membantu pedagang dalam bentuk mempromosikan pasar, edukasi meningkatkan kualitas produk, dan advokasi agar harga bahan baku tidak melejit.

Kategori:
ARTIKEL


Semua komentar

  • Hey! Situs webmu keren abis, makasih banyak. Ayo, kita ngobrol santai sebentar. Eh, pernah kepikiran gak buat pendekin tautan? Cobain v.af deh, bisa bikin QR code dan halaman bio ala Linktree. Gampang banget. Cek aja, kita bikin semuanya simpel dan kece! 🚀

     
    URL Shortener January 21, 2024 8:04 am Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.