SOTO SANGKA, SOTO ASLI BANYUMAS SEJAK 1925

January 7, 2021
491
Views

Walau tempatnya jauh dari kota Purwokerto, soto ini digemari juga oleh warga purwokerto. sayang sekali masih banyak yang belum tahu. benar saja, lokasinya kurang mecolok diantara jalan lurus daerah Kedungunter, Jl Karangsawah No. 35 tidak ada plang nama ataupun spanduk, patokannya adalah warung hijau di sebelah utara jalan (kiri jalan dari SMK 3), sudah ada di Google Maps

Untuk sotonya sendiri merupakan soto mirip seperti soto sokaraja tanpa kerupuk. jadi isinya ketupat, kecambah, daun muncang, suwiran ayam kampung, kacang goreng (disini kacangnya tidak ditumbuk), kemudian disiram dengan kuah kaldu. Disajikan dengan sambel kacang secara terpisah. Sambel kacang cukup pedas yang digiling cukup lembut. porsiannya cukup kecil, mangkuk yang digunakan bukan mangkuk jago (yang digunakan pada bakso/mie ayam) melainkan menggunakan mangkuk ronde atau mangkuk soto semarang. Harganya Rp 17.000,- di bulan november 2020 ini. 



Cara memasak disini masih menggunakan kayu bakar dan kita bisa saksikan langsung, karena ruang penyajian jadi satu dengan meja makan konsumen. kira2 ada 3 meja besar di dalamnya, namun jangan khawatir jika sedang ramai. ternyata di belakan masih ada meja dan di dalam rumah bisa digunakan juga. terdapat plang nama yang terlihat cukup tua di dalam ruangan. plang tersebut menuliskan nama soto sangka dan berdiri sejak 1925 (waduh… jangankan udah lahir, indonesia juga belum merdeka)

Lokasi Soto Sangka

 

Beri rating:
Kategori:
KULINER


Semua komentar

  • Bener kiye, anu legend temenan slur.

     
    munawar January 7, 2021 3:26 pm Reply
  • Otw wajib mampiiir

     
    Marfa January 9, 2021 11:25 am Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.