Cikakak, Desa Wisata Terbaik di Jateng

October 27, 2021
106
Views

INFO.PURWOKERTO – Desa Cikakak, Wangon mendapatkan predikat sebagai desa wisata terbaik di Jawa Tengah untuk tahun 2021. Prestasi ini mereka dapat setelah menyabet tiga gelar prestisius dalam even Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021.

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, even tersebut terbagi dalam empat kategori besar. Cikakak berhasil menjadi yang terbaik di dua kategori dan juara dua di satu kategori lainnya.

Sinoeng merinci, dalam kategori pertama, Pengelolaan Desa Wisata, Cikakak menempati posisi pertama. Desa yang dikenal karena Masjid Saka Tunggal dan populasi kera ekor panjang ini mengalahkan dua desa lain. Yakni, Desa Pandansari, Batang dan Desa Bugisan, Klaten yang menjadi juara dua dan tiga.

Dalam kategori Atraksi Seni, Cikakak juga menjadi yang nomor wahid. Di belakangnya ada Desa Conto, Wonogiri dan Desa Serang, Purbalingga. Sementara gelar terakhir yang mereka dapatkan adalah juara dua di kategori Profil Desa Wisata.

“Juara satu Desa Conto, Wonogiri, dua Cikakak, dan tiga Desa Serang Purbalingga,” ujar Sinoeng di sela-sela penganugerahan gelar di Kebumen, Rabu (27/10).

Meski meraih tiga gelar di kategori-kategori tersebut, Cikakak gagal menyabet prestasi di kategori Produk Inovasi. Juara 1 diraih Desa Serang Kabupaten Purbalingga, Juara 2 Desa Pandanrejo Kabupaten Purworejo, Juara 3 Desa Tambaksari Kabupaten Cilacap.

Pun demikian, Cikakak menjadi desa dengan predikat juara terbanyak dalam even ini. Oleh karenanya, mereka berhak menyandang gelar sebagai juara umum dan mengalahkan Desa Conto, Wonogiri serta Desa Serang, Purbalingga yang secara berurutan menempati posisi kedua dan ketiga.

Sinoeng mengatakan, event ini merupakan rangkaian proses untuk memberikan apresiasi ke desa wisata. Selain juga sebagai bentuk pentahapan pemprov atas upaya pelaku desa wisata dalam memajukan desa.

Kepala Desa Wisata Cikakak Akim, bangga dengan raihan juara umum pada event tersebut. Hal itu tak lepas dari potensi desa, seperti adanya Masjid Saka Tunggal yang dibuat tahun 1284 Masehi, Taman Kera, lengkap dengan atraksi budaya yang ada di daerahnya.

“Alamnya kita kembangkan, juga ekonomi kreatif,” kata dia.(pan)



Semua komentar

  • Mantap nih!semoga inovasi desa desasemakin maju

     
    elya October 31, 2021 3:54 pm Reply
  • Wah wajib banget untuk datang ke situ

     
    indra October 31, 2021 4:24 pm Reply
  • Keren banget nih, semoga kapan-kapan bisa main ke Desa Cikakak 🤗

     
    Hidayatul Ummah October 31, 2021 5:22 pm Reply
  • Waawww:)) Ga sabar pengen ke Purwokerto ✨💜✨

     
    Hapsari October 31, 2021 7:15 pm Reply
  • Wih asik ni nambah tujuan wisata buat liburann

     
    Othniel November 10, 2021 9:16 pm Reply
  • Lucu ada patung monyetnya

     
    Farhan November 10, 2021 9:34 pm Reply
  • Tempatnya asik

     
    Farhan November 10, 2021 9:35 pm Reply
  • Keren

     
    Syendi November 11, 2021 8:24 am Reply
  • Keren banget nih artikelnya:)

     
    Andrea November 24, 2021 12:10 pm Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.