PURWOKERTO SURGANYA STREET FOOD

July 19, 2021
622
Views

Kuliner kini bukan hanya sebagai pemenuhan kebutuhan pokok melainkan juga telah berkembang menjadi gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Street food menjadi salah satu alternatif untuk mencari aneka jenis makanan dan minuman, bahkan sekaligus menjadi tempat nongkrong untuk semua kalangan. Karena street food dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat dengan harga terjangkau, tanpa mengorbankan kualitas dan cita rasa yang jempolan.



Menurut Wikipedia.org, street food adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual di jalanan atau area publik, oleh penjaja atau penjual keliling, kadang-kadang dari tenda atau kios yang mudah dibereskan. Mulai dari makanan ringan, makanan cepat saji, hingga tak menutup kemungkinan makanan berat, serta harganya cenderung lebih murah daripada makanan restoran.

Sudah tahu belum kalau Purwokerto memiliki beragam street food yang komplit? Nah buat kamu yang suka banget njajan komplit, berikut merupakan beberapa kawasan street food di Kota Purwokerto :

  1. GOR SATRIA

Berkunjung di Purwokerto tak lengkap jika tidak pernah mencoba street food sepanjang jalan Gor Satria Purwokerto. Identiknya, sepanjang jalan ini menyuguhkan berbagai jenis makanan yang viral pada jamannya seperti es krim pot, es kepal milo, boba dan jajanan viral lainnya. 

Tak hanya itu, memuat berbagai jenis makanan berat mulai dari bubur ayam, pecel, opor ayam, mie ayam dan angkringan di malam hari. Salah satu menu andalan di tempat ini adalah Sate Ayam Wonosobo yang tak pernah sepi pengunjung. Puncak keramaian street food yang satu ini setiap hari Minggu, tepatnya pada saat sunday morning alias sunmor. Jumlah pedagang bertambah hampir 3 kali lipat, mulai dari buah-buahan hingga jajan.

Buka setiap pukul 05.00-24.00 WIB.

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/uPA37cUZejrBTRCQ7


  1. Jalan Kampus

Jalan kampus atau yang akrab disapa dengan kawasan lapangan Grendeng ini memiliki banyak cita rasa makanan. Mulai dari hidangan  pagi hari hingga hidangan malam hari.

Jika melewati jalanan ini pada pagi hari, kita akan disambut oleh aneka menu sarapan seperti ketoprak, bubur ayam, lontong opor dan lain sebagainya. Kemudian saat matahari mulai meninggi, anda akan disuguhi beraneka ragam jajanan legendaris seperti : cilok, cireng, piscok, batagor, sunrise, es buah dan dawet ayu.

Pusat keramaian pada street food ini terjadi pada malam hari, yaitu dimulai dari ujung toko baju queen kampus hingga Fisip Unsoed. Uniknya, pada malam hari semakin bertambah variasi makanan yang tersedia, seperti martabak, roti bakar, molen, pisang crispy, burger dan jajanan jaman now lainnya.

Buka setiap pukul 06.00-22.00 WIB.

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/PsHdNyj4DwwcjprM7


  1. Pasar Cermai

Pasar cermai tak hanya menyajikan beraneka ragam kebutuhan rumah tangga. Tergolong sebagai salah satu pasar yang cukup besar di Purwokerto membuat pedagang berinovasi di sepanjang jalan luar pasar, sehingga dapat di kategorikan sebagai street food.

Cukup komplit jika dimulai dari depan toko DS maka dapat menemukan sate, bakso, ayam geprek, samir, cucur dan lain sebagainya. Sedangkan pusatnya terletak pada pertigaan pasar di ruas kiri menuju pom bensin. Disana anda akan menemukan martabak di pagi hari kemudian es teler, burger mini, siomay dan jajanan khas Tasik yaitu Cireng Kabita. 

Buka setiap pukul 06.00-habis.

Maps lokasi

https://maps.app.goo.gl/cfb1PdpKBDsjmpWW7




  1. Komplek Pasar Manis

Berada di tengah pusat kota, menjadikan tempat ini selalu ramai setiap malamnya. Tersedia berbagai jenis makanan, misalnya pada bagian depan pasar terdapat nasi goreng, martabak, dll. Sedangkan yang menjadi pembeda adalah menu-menu makanan asing seperti ramen, dimsum yang digemari kaula muda.

Buka setiap pukul 16.00-24.00 WIB.

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/PBz2YhDiJrP74C4f9


  1. Jalan Gereja

Dikelilingi oleh berbagai jenjang sekolah mulai dari SD-SMA membuat tempat ini sebagai surganya anak sekolahan. Mulai dari yang seribuan hingga sepuluh ribu tersedia dengan lengkap.

Menu jajan yang tersedia antara lain nugget, sosis, kentang, cilok, batagor dan aneka es. Menu makanan yang legendaris dari kawasan ini adalah Mie Ayam Rizky. Dan satu-satunya menu yang pertama kali ada di Purwokerto adalah Lumpia Basah Mas Gushand, salah satu menu yang berasal dari Jawa Barat merupakan sajian hangat perpaduan antara telor, tauge dan bengkoang.

Buka setiap 07.00-18.00 WIB.

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/ELfQeUE7yyLR7CV77


  1. Kawasan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Street food ini menempati halaman utama kantor pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ramadhan tahun 2019 merupakan tahun teramai sepanjang perjalanan street food ini. Puluhan pedagang menjajakan dagangannya disana dengan berbagai macam kuliner yang beraneka ragam seperti kolak, es, bakso, gorengan, sostel, nasi kucing, bakso, telur gulung, cireng dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan saat hari-hari biasa pedagang berjualan di sepanjang Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/jQzHzCTRMa42PFAR9


  1. Kawasan UIN Prof.KH.Saifuddin Zuhri

Street food ini berada di sepanjang kampus yang akrab disapa sebagai Kampus Hijau. Dimulai dari Karang Jambu akan disuguhkan sajian menu makanan berat seperti ayam, mie ayam, rujak, seblak dsb. Sedangkan pusat jajanan berada sebelah utara pusat UIN yang menyajikan menu khas street food yaitu siomay, cilok, makaroni, dan sebagainya

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/zich7o2AsVgavk1LA

  1. Kampung Underpass

Kampung Underpass merupakan street food yang menyajikan pemandangan Underpass Jendral Soedirman dan Tugu Gada Rujakpolo. Menyajikan berbagai menu makanan seperti cilok, dan didominasi oleh angkringan. Mulai buka pukul 16.00-23.00 WIB. 

Maps Lokasi

https://maps.app.goo.gl/KmLhLmjNheiehBNo6

Beri rating:
Kategori:
ARTIKEL · BELANJA · KULINER · WISATA


Semua komentar

  • Setuju banget dan makanannya pada enak enak jugaa

     
    Fatma October 4, 2021 7:08 pm Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.