SAHOUN, KULINER NIKMAT KHAS PURWOKERTO

July 19, 2021
5134
Views

Tahukah Kamu apa itu Sahoun. Sekilas jika mendengar kata Sahoun akan terbayang pada jenis mie soun atau bihun. Namanya memang sama, tapi bentuknya berbeda. Namun tak banyak pula yang tahu bahwa hidangan ini merupakan salah satu hidangan khas Kota Purwokerto.

Sahoun merupakan hidangan yang sekilas mirip dengan kwetiau namun teksturnya lebih kenyal dan tebal. Terbuat dari olahan tepung tapioka (aci) dan tepung beras yang dicetak dalam loyang bundar yang dikukus. Setelah dikukus, adonan tersebut diambil secara lembaran, yang kemudian digulung menjadi sahoun.

Perbedaan khasnya selain pada tekstur yang lebih kenyal, juga pada cara penyajiannya. 



Sahoun yang berbentuk seperti gulungan tersebut, kemudian dipotong-potong menyerupai ukuran kwetiaw, akan tetapi lebih tebal. Setelah dipotong, sahoun dimasukkan kedalam panci kuah untuk direbus sebentar agar tidak lengket. Sahoun kemudian disajikan dalam mangkok, dipadupadankan dengan kuah segar yang berasal dari kaldu ayam asli, kecap asin, lalu diberi suwiran daging ayam. Tak ketinggalan diberi taburan daun bawang dan sambal merah menjadi pelengkapnya.

Uniknya, sahoun dan suwiran ayam yang digunakan sebagai bahan utamanya tidak diberi bumbu. Ayamnya merupakan ayam rebus, begitupula dengan Sahoun. Hidangan ini juga sama sekali tidak menggunakan minyak dalam pembuatannya maupun penyajiannya. Sehingga yang menjadi kekuatan cita rasa pada hidangan ini terletak pada kuah kaldu ayam gurih yang disiramkan pada mangkok yang berisi Sahoun dengan pelengkapnya. Konon, ketika kuah disiramkan maka rasa yang ada pada kuah akan meresap kedalam sahoun dan suwiran ayam, serta lebih nikmat jika ditambah dengan sambal merah.

Jika dilihat dari sejarahnya, Sahoun Ayam merupakan sebuah usaha keluarga milik Pak Kartim. Berdiri sejak tahun 1975, kemudian dikelola secara turun temurun dan belum memiliki cabang di kota lain. Hal inilah yang menyebabkan hidangan ini hanya dapat ditemukan di Kota Purwokerto. Saat ini untuk 1 porsinya di bandrol dengan harga Rp. 11.000.

Buka setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB. Dalam pengembangan Sahoun Ayam Pak Kartim telah memiliki 3 cabang dan 2 gerobak keliling, berikut merupakan alamat lengkapnya:

Sahoun Ayam Pak Kartim 1

Jalan Kaliputih No.18

Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur

https://maps.app.goo.gl/AMhU79m6aBFG9zh96

Sahoun Ayam Pak Kartim 2

Jalan Senopati, Kejawar, Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur

Di Depan Pom Bensin Arcawinangun

https://maps.app.goo.gl/dtKnEDoQAw8JBLHbA

Sahoun Ayam Pak Kartim 3

Jl. Pramuka No.139, Kongsen, Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan

https://goo.gl/maps/rKUqrpQGCMqBwrSg8

(Kartika Maulida)

Beri rating:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.