Selain Mendoan, Deretan Makanan Khas Banyumas Ini Wajib Coba

April 30, 2024
25
Views

Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Selain mempunyai tempat yang menarik untuk disambangi, beberapa makanan khas Banyumas juga sayang untuk dilewatkan. 

Bicara kuliner Banyumas, pasti yang terlewat dipikiran adalah mendoan. Makanan yang terbuat dari tempe tipis digoreng dengan tepung setengah kering yang sangat popular. Padahal ada banyak sekali ragam kuliner dari Banyumas.

Berkunjung ke Banyumas atau ke Kota Purwokerto rasanya tidak lengkap tanpa menyantap kuliner khasnya yang sangan menggugah selera. Beberapa makanan khas Banyumas ini bisa memanjakan lidah kamu lho! 

Makanan Khas Banyumas

Berikut apa saja makanan khas dari Banyumas yang perlu kalian tahu.

1. Gethuk Goreng

Makanan khas Banyumas pertama yang pamornya cukup terkenal adalah gethuk goreng. Gethuk goreng merupakan kuliner Banyumas ini juga berbahan singkong maupun ketela.  

Gethuk goreng adalah makanan khas Banyumas, terutama di daerah Sokaraja. Gethuk goreng Sokaraja ini banyak dijumpai di sepanjang jalan Jenderal Soedirman.

Pada awalnya, gethuk goreng adalah makanan masyarakat kelas atas karena harus digoreng dengan menggunakan minyak, sedangkan untuk rakyat kelas bawah minyak merupakan suatu hal yang mewah. Keahlian masyarakat Sokaraja membuat makanan khas Banyumas berupa getuk goreng ini sebagian besar diajarkan secara turun-temurun dalam lintas generasi. 

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan gethuk goreng Sokaraja tergolong murah dan mudah didapat apalagi daerah Banyumas yang memang terkenal sebagai salah satu pusat pembuatan gula jawa atau gula merah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan khas ini adalah ketela pohon dan juga gula merah. Untuk membuatnya pun tidak sulit untuk dilakukan. Ketela tersebut hanya perlu direbus dan dihancurkan untuk selanjutnya dicampurkan dengan gula merah.

Setelah kenyal dan dibentuk bulatan yang tak beraturan, adonan tersebut lalu digoreng. Pada awalnya gethuk goreng memiliki rasa manis khas gula merah, namun saat ini sudah ada beberapa varian rasa termasuk rasa nangka, durian, dan strawberry.

2. Sroto Sokaraja

Sama halnya dengan gethuk goreng, daerah Sokaraja juga terkenal dengan srotonya. Makanan khas Banyumas ini berbahan utama soun, kecambah tauge, ketupat, lalu disiram dengan kuah sroto berisi ayam atau daging sapi.  Keunikan dari sroto khas Banyumas ini adalah sambal kacang yang disajikan sebagai pelengkap. Tidak ketinggalan, dilengkapi juga dengan remahan kerupuk kanji. 

3. Nopia

 

Makanan selanjutnya yang bisa ditemukan di Banyumas adalah makanan yang dikenal dengan nama yang cukup aneh yaitu Nopia. Nama makanan ini sendiri sebenarnya cukup mirip dengan merek dari handphone.

Namun tidak ada hubungan dari makanan ini dengan merek handphone yang cukup populer beberapa waktu yang lalu. Bentuk dari makanan ini sendiri adalah lonjong dan berbentuk seperti telur ayam. Dari luar, nopia berwarna putih, namun di dalamnya makanan ini memiliki isian gular merah. Beberapa nopia juga diisi dengan coklat, durian dan juga pandan.

4. Kraca

Makanan khas Banyumas lainnya yang sayang dilewatkan adalah kraca. Makanan ini bahan dasarnya berupa keong kecil.  Keong-keong kecil ini sering didapat dari sawah yang kemudian diolah dengan diberi kuah. Rasanya gurih dan nikmat dengan campuran bumbu bawang, pala, merica, garam serta bumbu-bumbu lainnya.

Biasanya sebelum dimasak kraca harus direndam air semalaman. Kemudian ujung cangkang di pecah agar saat dimasak daging dalamnya matang dan berbumbu. Setelah itu dibersihkan dan dicuci berkali-kali agar bersih dan siap diolah. Cara menikmati kraca ini biasanya dengan menyedot keong yang sudah dibuang penutupnya atau bisa juga dicukil menggunakan lidi ataupun gigi garpu. 

5. Templek

Makanan khas Banyumas selanjutnya yang cukup populer adalah templek. Penganan ini terbuat dari sisa pengolahan tahu yang kemudian dibulatkan kecil seukuran bola bekel.  Sebagai tambahan rasa, dicampur dengan bawang putih, kencur, dan cabai yang telah dihaluskan. Adonan yang telah terbalur bumbu dan membulat kemudian dicelupkan dalam tepung, lalu digoreng. 

6. Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan makanan khas daerah Banyumas yang berbahan dasar kedelai yang telah diolah menjadi tempe yang diiris dengan sangat tipis, kemudian diberi adonan tepung yang telah diberi bumbu dan digoreng kering. 

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.