Sistem Pembelajaran Universitas Terbuka Purwokerto

June 21, 2024
13
Views

UT menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, sistem tersebut merupakan konsep yang sangat relevan terutama dalam konteks pendidikan modern.

Sistem terbuka mengacu pada pendekatan yang memungkinkan akses terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar, tanpa batasan geografis atau waktu tertentu. Universitas Terbuka Purwokerto tidak memberlakukan pembatasan usia, tahun ijazah, waktu pendaftaran atau admisi, masa belajar, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap calon mahasiswa UT Purwokerto harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Sedangkan pembelajaran jarak jauh adalah penggunaan teknologi untuk menghadirkan pendidikan kepada siswa di lokasi yang berbeda dari tempat pengajar. Pembelajaran tidak harus dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik bahan ajar cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Sistem Pembelajaran Universitas Terbuka (UT) adalah sebuah model pendidikan yang dirancang untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat yang membutuhkan fleksibilitas waktu dan lokasi dalam belajar. Berikut adalah beberapa poin penting tentang sistem pembelajaran Universitas Terbuka Purwokerto:

  1. Fleksibilitas Waktu: UT Purwokerto memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri dan memilih waktu belajar mereka sendiri. Mereka tidak terikat pada jadwal kelas reguler seperti yang biasa terjadi di universitas lain pada umumnya.
  2. Fleksibilitas Lokasi: Mahasiswa UT Purwokerto dapat belajar dari mana saja, asalkan mereka memiliki akses ke materi pembelajaran dan sumber daya yang diperlukan seperti internet, buku, dan bahan-bahan pembelajaran lainnya.
  3. Penggunaan Teknologi: UT Purwokerto menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Ini termasuk penggunaan platform belajar online, kelas virtual, dan interaksi dengan dosen melalui email atau forum diskusi.
  4. Self-Learning: Mahasiswa UT Purwokerto diberikan materi pembelajaran dalam bentuk modul atau buku yang mereka pelajari sendiri. Mereka bertanggung jawab atas kemajuan belajar mereka dan harus mengatur jadwal belajar mereka sendiri.
  5. Pemeriksaan dan Evaluasi: UT Purwokerto memiliki sistem evaluasi dan pemeriksaan yang dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemajuan belajar mahasiswa. Evaluasi tersebut dapat berupa ujian online, tugas tertulis, atau ujian di lokasi yang ditentukan.
  6. Dukungan Akademis: Meskipun mahasiswa UT Purwokerto belajar secara mandiri, mereka tetap mendapatkan dukungan akademis dari dosen dan tutor. Dosen memberikan panduan, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik terhadap pekerjaan mahasiswa.
  7. Kolaborasi dan Jaringan: Meskipun belajar secara mandiri, mahasiswa UT juga dapat terlibat dalam kegiatan kolaboratif seperti diskusi online, proyek kelompok, atau seminar virtual. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperluas jaringan dan belajar dari sesama mahasiswa.

Universitas Terbuka Purwokerto menawarkan berbagai bentuk pembelajaran untuk mendukung pendidikan jarak jauh. Berikut adalah beberapa bentuk pembelajaran yang diterapkan di UT Purwokerto:

  1. Pembelajaran Mandiri:
    • Mahasiswa belajar secara mandiri dengan menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT Purwokerto. Bahan ajar ini bisa berupa buku teks, modul, bahan digital, atau sumber belajar lainnya yang dirancang khusus untuk pembelajaran jarak jauh.
  2. Tutorial Tatap Muka (TTM):
    • UT Purwokerto menyediakan sesi tutorial tatap muka yang biasanya diadakan di unit-unit layanan belajar (UPBJJ-UT) yang tersebar di berbagai daerah. Sesi ini membantu mahasiswa untuk memahami materi dan berinteraksi langsung dengan tutor serta mahasiswa lainnya.
  3. Tutorial Online (TUTON):
    • Tutorial online memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan tutor dan sesama mahasiswa melalui platform e-learning. Ini termasuk diskusi, tugas, kuis, dan kegiatan pembelajaran lainnya yang dilakukan secara daring.
  4. Webinar dan Teleconference:
    • UT Purwokerto sering mengadakan webinar dan teleconference sebagai sarana tambahan untuk mendukung proses pembelajaran. Kegiatan ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan materi tambahan dari narasumber yang ahli di bidangnya.
  5. Bahan Ajar Digital:
    • Selain bahan ajar cetak, UT Purwokerto juga menyediakan bahan ajar dalam format digital yang bisa diakses melalui internet. Ini termasuk e-modul, video pembelajaran, podcast, dan sumber daya multimedia lainnya.
  6. Praktikum dan Praktik Lapangan:
    • Bagi program studi tertentu yang memerlukan praktikum, UT Purwokerto menyelenggarakan kegiatan praktikum di laboratorium atau lokasi praktik tertentu. Ada juga program praktik lapangan yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis di lapangan.
  7. Layanan Konsultasi:
    • Mahasiswa dapat mengakses layanan konsultasi baik secara langsung di UPBJJ-UT maupun secara online untuk mendapatkan bantuan akademik dan administrasi.

Bentuk pembelajaran tersebut dirancang untuk memberikan fleksibilitas maksimum bagi mahasiswa yang mungkin memiliki keterbatasan waktu dan lokasi, memungkinkan mereka untuk mengejar pendidikan tinggi tanpa harus menghadiri kelas secara konvensional. Sistem pembelajaran Universitas Terbuka Purwokerto menjadi alternatif yang menarik bagi banyak orang yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi tanpa harus mengorbankan pekerjaan atau komitmen lainnya.

 

Kategori:
ARTIKEL


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Besar ukuran file maksimal: 64 MB.
File yang dapat diunggah: image, audio, video, .
Tautan ke YouTube, Facebook, Twitter, dan layanan lain yang dimasukkan ke dalam teks komentar akan otomatis disematkan.